ACROPHOBIA

Phobia ketinggian adalah salah satu phobia yang lumayan banyak penderitanya. Diperkirakan sekitar 3-5% populasi umum di dunia menderita phobia ini. Dengan perempuan 2 kali lipat lebih banyak menderita phobia ini dibanding pria. Phobia ketinggian (Acrophobia) berasal dari kata Yunani yaitu Akron yang artinya puncak dan phobos yang artinya takut. Sehingga dapat diartikan sebagai ketakutan irasional yang ekstrim terhadap ketinggian.
Acrophobia adalah perasaan takut yang ekstrem pada tempat yang tinggi. Seseorang yang memiliki phobia ini mungkin akan mengalami panik dan ketakutan yang berlebihan saat berada di ketinggian, seperti di gunung, bangunan tinggi, atau saat memanjat tangga yang panjang. 'Penderita' mungkin akan merasakan mual dan sedikit pusing, bahkan sampai menangis (mungkin ini yang stadium parah).

Apa penyebab dari Acrophobia ?

            Ada penelitian yang saling bertentangan tentang apa itu penyebab phobia, termasuk acrophobia. Beberapa psikolog memiliki pendapat bahwa phobia disebabkan karena pengalaman traumatis awal. Dalam kasus acrophobia, pengalaman ini bisa jadi termasuk jatuh dari pohon, atau pernah melihat seseorang luka akibat terjatuh dari tempat yang tinggi. Acrophobia bisa juga disebabkan karena pemodelan. Misalnya, anak yang orangtuanya mengalami perasaan takut pada ketinggian lebih berpotensi menderita acrophobic. Sehingga acrophobia sangat mungkin merupakan kombinasi dari aspek lingkungan dan genetik. Banyak terjadi, orang dengan phobia tertentu akan mengalami phobia lain atau jenis kecemasan lainnya.
Acropobia merupakan phobia yang umum terjadi pada seseorang, sehingga mungkin dipengaruhi oleh komponen genetik. Sebenarnya merupakan hal yang wajar jika seseorang merasa takut saat berada pada ketinggian tertentu, dan mungkin takut ketinggian memberikan pengaruh positif pada seseorang, yakni membantu mencegah seseorang dari mengambil risiko yang tidak perlu. Beberapa orang mungkin mengalami acrophobia pada derajat tertentu, dan ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, misalnya, ketika seseorang berada atau berdiri di langkan yang sangat tinggi.



Komentar

Postingan Populer