RESENSI BUKU TASAWUF MODERN

            Judul               : Tasawuf Modern

Pengarang       : Prof.Dr. Hamka
Tahun terbit     : 2015
Penerbit           : Republika Penerbit
Halaman          : 397 halaman
Harga              : Rp 63.000
ISBN               : 978-602-8997-98-0


Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Hamka atau yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Hamka. Nama lengkapnya Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Putra pertama dari pasangan Dr. Abdul Malik Karim Amrullah dan Shaffiah ini lahir pada 17 Februari 1908 di Maninjau, Sumatra Barat. Tidak satu pun pendidikan formal ditamatkannya. Banyak membaca menjadi modalnya, tak lupa belajar langsung dengan tokoh dan ulama, baik di Sumatra Barat, Jawa, bahkan sampai ke Mekah. Doktor Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar dan Universitas Prof. Moestopo Beragama ini wafat pada hari Jum’at, 24 Juli 1981.
Walaupun buku ini berjudul ‘Tasawuf Modern’, namun isi buku ini tidaklah menjelaskan berbagai macam tarikat yang ada di dalam tasawuf atau sejarah panjang tasawuf dari era klasik yang kerap menimbulkan perdebatan di kalangan ahli fiqih. Maksud tasawuf dalam buku ini yaitu keluar dari budi perangai yang tercela dan masuke kepada budi perangai yang terpuji. Jadi, tasawuf digunakan sebagai instrumen bedah jiwa manusia, mencari penyakit yang ada di dalamnya sekaligus mengobatinya, melihat perangai baik yang ada kemudian meningkatkannya dengan tujuan mendekatkan diri ( jiwa dan raga) kepada Ilahi Rabi.
Buku ini memiliki tiga belas bab. Dimana masing-masing bab membahas mengenai hakikat kebahagiaan. Dimana bahagia itu sendiri menjadi suatu prbincangan Filsuf, sastrawan hingga para nabi datang silih berganti di setiap zaman mengajarkan kebahagiaan menurut wahyu atau pengalaman kehidupan.
Membaca buku berjudul tasawuf modern menyadarkan kita mengenai hakikat tasawuf yang sebenarnya. Dimana memiliki cakupan yang cukup luas. Bukan hanya berada pada pembahasan mengenai kesufian yakni yang mengasingkan diri dari kesenangan dunia.
Buku ini layak dibaca oleh banyak kalangan, terutama untuk orang-orang awam yang belum tahu tentang hakikat kebahagiaan. Buku ini sangat membantu dan dapat memberikan solusi bagi setiap orang yang sedang mengalami ketidakbahagiaan. Banyak manfaat dan pelajaran yang dapat diambil dari buku ini.
Dalam buku Tasawuf Modern diuraikan secara rinci biografi dari penulis yang cukup detail dimana proses Hamka pernah dipenjara pun diungkap / dijelaskan dalam buku ini. Buku ini merupakan buku yang isinya kumpulan atau cuplikan bagian bagian yang berasal dari kitab-kitab mashyur dalam pengarangnya yang kemudian di rangkaian denganpengembangan yang berkualitas. Mengandung isi acara jelas mengenai tasawuf yang di modernisasikan agar sesuai dengan perkembangan zaman. Buku ini memiliki sifat netral. Buku ini dilengkapi fatwa-fatwa dari para ulama. Isinya dilengkapi dengan perbandingan yang berbeda sehingga mudah untuk difahami. Mengungkapkan secara rinci pemberian judul Tasawuf yakni untuk melihat melihat arti tasawuf. Dilengkapi dengan syair syair yang menengkan hati pembacanya. Memiliki unsur isi yang saling tarik menarik artinya memiliki perbandingan dari berbagai pihak dan didalam buku ini juga menghindangkan kesimpulan yang mempermudah dalam memahaminya

Hal yang disayangkan dari buku ini adalah Hadist-hadist yang kebanyakan dicantumkan tidak disertai sanad yang merawikanya. Judul buku dan isi buku pada pada pandangan sekilas tidak namoak ketertarikan antara Bahagia dan Tasawuf Modern. Masih sering terdapat kesalahan dalam pengetikan. Kurang ketelitian pada penggunaan kata yakni pada halaman 44.sabda rasulullah saw pada kata istri yang sholeh yang seharus nya shalihah.

Komentar

Postingan Populer